Jenis Tahu Yang Di Gunakan Untuk Membuat Kerupuk

Tahu putih yang pertama kali kita kenal, dibuat dari sari kedelai yang dipadatkan, kini juga banyak macamnya. Teksturnya yang agak padat dengan pori-pori yang agak besar ini terdapat dalam beberapa ukuran, mulai dari kotak kecil (4 x 4 cm) sampai kotak besar (10 x10 cm). Meskipun terlihat padat, tahu putih ini mudah hancur. Selain lezat diolah menjadi masakan yang digoreng atau ditumis, tahu ini juga cocok dimasak menjadi sup ataupun masakan berkuah seperti kari dan opor.

Selain tahu putih yang padat, ada juga tahu putih yang lebih lembut. Atau, biasa disebut dengan tahu sutera. Tahu ini tidak hanya berbentuk kotak, tetapi ada juga yang berbentuk silinder dan dikemas dalam plastik kedap udara.

Ada juga tahu putih yang disebut tahu air, yaitu tahu yang dibuat dari gumpalan susu kedelai yang ditekan sampai cukup padat.  Kandungan airnya lebih banyak daripada tahu putih biasa, sehingga teksturnya lebih lembut. Tahu jenis ini cocok diolah menjadi masakan yang ditumis ataupun masakan dengan sedikit kuah.

Tahu kuning, merupakan tahu putih biasa yang direndam di dalam larutan kunyit sampai bagian luarnya menjadi kuning, tetapi bagian dalamnya tetap putih. Varian lain dari tahu putih adalah tahu pong. Tahu pong memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga saat digoreng bagian dalamnya menjadi berongga dan kosong.

#jenis, #kerupuk, #pembuatan, #tahu, #untuk